PERBEDAAN PENGGUNAAN MODUL DAN TANPA MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KAS KECIL KELAS XI AK SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Latar dan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 10 Surabaya dengan jumlah masing-masing kelas 39 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan modul memiliki rata-rata sebesar 88,72 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan modul sebesar 79,62. Berdasarkan uji-t yang didapatkan dari bantuan alat hitung program SPSS dengan statistik uji independent samples test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. sehingga ditolak dan diterima. Ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penggunaan modul dan tanpa modul.
Kata Kunci : Modul, Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 323