PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN POWER POINT

  • NOVITA AYU WULANDARI

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya multimedia baru yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah media presentasi Prezi. Prezi merupakan salah satu software pembuatan slide presentasi secara online dengan kelebihan dapat memperbesar dan memperkecil tampilan. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung, guru sudah menerapkan media dalam proses belajar mengajar, namun masih terbatas pada media power point. Oleh karena itu, peneliti mecoba melakukan penelitian tentang Prezi sebagai media pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diajar dengan media pembelajaran Prezi dan Power Point.

Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Latar dan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI AK 3 sebagai kelas Kontrol dan XI AK 4 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri Mojoagung dengan jumlah masing-masing kelas 39 siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi memiliki rata-rata sebesar 88,07 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point sebesar 84,35. Berdasarkan uji-t yang didapatkan dari bantuan alat hitung program SPSS dengan statistik uji independent samples test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,019 atau kurang dari 0,05. sehingga  ditolak dan  diterima. Ini artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran power point.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prezi, Power Point, Hasil Belajar.

Published
2014-08-20
How to Cite
AYU WULANDARI, N. (2014). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN POWER POINT. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9066
Section
Article
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 470