PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN POWER POINT
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya multimedia baru yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah media presentasi Prezi. Prezi merupakan salah satu software pembuatan slide presentasi secara online dengan kelebihan dapat memperbesar dan memperkecil tampilan. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung, guru sudah menerapkan media dalam proses belajar mengajar, namun masih terbatas pada media power point. Oleh karena itu, peneliti mecoba melakukan penelitian tentang Prezi sebagai media pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diajar dengan media pembelajaran Prezi dan Power Point.
Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Latar dan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI AK 3 sebagai kelas Kontrol dan XI AK 4 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri Mojoagung dengan jumlah masing-masing kelas 39 siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi memiliki rata-rata sebesar 88,07 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point sebesar 84,35. Berdasarkan uji-t yang didapatkan dari bantuan alat hitung program SPSS dengan statistik uji independent samples test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,019 atau kurang dari 0,05. sehingga ditolak dan diterima. Ini artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran power point.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prezi, Power Point, Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 470