PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BERPASANGAN DAN INDIVIDU PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Abstract
Artikel ini berisi tentang pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berpasangan dan individu terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Latar dan subjek penelitian yaitu siswa kelas X AK 2 sebagai kelas Kontrol dan X AK 1 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Lamongan dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan pelaporan keuangan dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 75,28 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 63,33. Berdasarkan uji-t melalui program SPSS dengan statistik uji independent sample T-Test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05, maka ditolak dan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpasangan dan Individu, Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 52