PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PBM TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PBM DI SMK NEGERI 2 TUBAN Prabawati Setyarini

  • PRABAWATI SETYARINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Ak1 dan X Ak4 SMK Negeri 2 Tuban dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe creative problem solving dan model pembelajaran berbasis masalah materi mencatat bukti transaksi ke dalam buku harian/jurnal.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode penelitian ini berupa true eksperimental design (eksperimen betul-betul). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Tuban. Penentuan sampel dengan teknik random sampling.. Masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Teknikanalisis data yang digunakan adalah uji t Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (X Ak1) dan kelas kontrol (X Ak4). Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Dari uji t menunjukkan bahwa nilai p 0,012 (p<0,05) maka ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Kata kunci: Hasil belajar akuntansi, model pembelajaran berbasis masalah, creative problem solving.

Published
2014-08-21
How to Cite
SETYARINI, P. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PBM TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PBM DI SMK NEGERI 2 TUBAN Prabawati Setyarini. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9133
Section
Article
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 43