PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) PADA MATERI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI

Authors

  • ELOK ERNY RAHAYU

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa alat evaluasi pembelajaran akuntansi. Alat evaluasi pembelajaran yang dikembangkan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik sebagai alat evaluasi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Alat evaluasi ini bertampilan flash dengan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan (develop) dan tahap keempat tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan alat evaluasi pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak, ditinjau dari kelayakan isi/materi sebesar 82%, kelayakan konstruksi sebesar 80,5%, dan kelayakan bahasa sebesar 80,5%. Setelah soal dinyatakan layak maka soal diujicoba pada tiga puluh siswa untuk mengetahui kualitas soal dilihat dari validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektifitas pengecoh. Hasil ujicoba soal menghasilkan soal yang mempunyai kriteria yang baik. Hasil ujicoba terbatas pada dua puluh orang siswa mendapat respon positif sebesar 83%sehingga alat evaluasi sangat layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran.

 

Kata kunci: Alat Evaluasi, Information and Communication Technologies (ICT), Wondershare Quiz Creator

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-21

How to Cite

ERNY RAHAYU, E. (2014). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) PADA MATERI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9139

Issue

Section

Article
Abstract views: 717 , PDF Downloads: 1478