PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN HANDOUT INOVATIF PADA MATERI KARTU PIUTANG PADA SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan dan tanpa menggunakan handout inovatif pada materi kartu piutang kelas XI AK di SMK Negeri 4 Surabaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis uji t program SPSS 21.0 for windows dengan statistik uji independent samples test, diperoleh hasil t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Serta diketahui bahwa thitung > ttabel (6,366 > 2,000). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung dengan menggunakan handout inovatif dan yang menerapkan model pembelajaran langsung tanpa menggunakan handout inovatif pada materi kartu piutang kelas XI AK di SMK Negeri 4 Surabaya.
Kata kunci : hasil belajar siswa, model pembelajaran langsung, handout inovatif
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 68