PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL INTERAKTIF MENCATAT TRANSAKSI BERDASARKAN MEKANISME DEBET/KREDIT KELAS XI SMAN 13 SURABAYA

  • ACHMAD ARIANTO WIBOWO

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audiovisual interaktif pada kompetensi dasar mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debet/kredit perusahaan jasa kelas XI SMA 13 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori pengembangan 3-D Models (three D models) yang dimodifikasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan diantaranya: define, design, develop. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Sehingga dapat diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil persentase yang diperoleh dari perhitungan sebesar 75% untuk validasi dari ahli materi, 92% untuk validasi media, sedangkan uji coba terbatas sebesar 93%. Berdasarkan hasil ketiga data tersebut diperoleh rata-rata persentasi sebesar 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audiovisual interaktif pada kompetensi dasar mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debet/kredit perusahaan jasa kelas XI SMA 13 Surabaya sangat layak digunakan.

 

Kata kunci: media pembelajaran, audiovisual interaktif, mekanisme debet/kredit.

Published
2014-08-21
How to Cite
ARIANTO WIBOWO, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL INTERAKTIF MENCATAT TRANSAKSI BERDASARKAN MEKANISME DEBET/KREDIT KELAS XI SMAN 13 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9145
Section
Article
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 33