PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL INTERAKTIF MENCATAT TRANSAKSI BERDASARKAN MEKANISME DEBET/KREDIT KELAS XI SMAN 13 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audiovisual interaktif pada kompetensi dasar mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debet/kredit perusahaan jasa kelas XI SMA 13 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori pengembangan 3-D Models (three D models) yang dimodifikasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan diantaranya: define, design, develop. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Sehingga dapat diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil persentase yang diperoleh dari perhitungan sebesar 75% untuk validasi dari ahli materi, 92% untuk validasi media, sedangkan uji coba terbatas sebesar 93%. Berdasarkan hasil ketiga data tersebut diperoleh rata-rata persentasi sebesar 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audiovisual interaktif pada kompetensi dasar mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debet/kredit perusahaan jasa kelas XI SMA 13 Surabaya sangat layak digunakan.
Kata kunci: media pembelajaran, audiovisual interaktif, mekanisme debet/kredit.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 33