PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI BAHAN AJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA

  • ALIF VIA AGUSTIEN

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah.  Guru dituntut kreativitasnya untuk membuat bahan ajar yang inovatif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku sebagai bahan ajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal penyesuaiaan perusahaan jasa, mengetahui kelayakan buku saku sebagai bahan ajar akuntansi, untuk mengetahui respon siswa terhadap buku saku sebagai bahan ajar akuntansi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahap yang dilakukan adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini berupa sebuah produk buku saku sebagai bahan ajar akuntansi materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa kelas XI IPS SMA. Hasil perhitungan memperoleh skor persentase  79% dari ahli materi, 80% dari ahli bahasa, 88% dari ahli bahasa, dan 90% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 84,25% dan dapat disimpulkan bahwa buku saku sebagai bahan ajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan jasa sangat layak digunakan di kelas XI IPS SMA.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Jurnal Penyesuaian

Published
2014-08-21
How to Cite
VIA AGUSTIEN, A. (2014). PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI BAHAN AJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9151
Section
Article
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 535