PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 PADA KOMPETENSI DASAR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DI SMA NEGERI 18 SURABAYA
Abstract
Satu inovasi yang menarik mengiringi perubahan paradigma pendidikan adalah ditemukan dan diterapkannya model-model pembelajaran inovatif-progresif yang dengan tepat mampu mengembangkan dan menggali pengetahuan peserta didik secara konkret dan mandiri, salah satunya adalah model pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran langsung, mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran langsung, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan metode Deskriptif Kuantitatif yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa dapat tercapai pada setiap siklus yaitu siklus I sebesar 54.05%, siklus II sebesar 70.27%, dan siklus III sebesar 83.78%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran akuntansi sangat positif. Hal ini terlihat dari siswa senang dalam mengikuti keseluruhan pembelajaran ini adalah sebesar 91.89%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 118