STUDI KOMPARASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsungdi kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2013/2014 pada materi laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan randomized pretest posttest-only control group desain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen 64.63 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 61,75. Untuk hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,75, sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 83,88. Berdasarkan perhitungan uji t independent sample test untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa taraf signifikansinya (0,001) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa taraf signifikansinya (0,011) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: STAD, Model Pembelajaran Langsung, Motivasi dan Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 38