PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN WONDESHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21
Abstract
Evaluasi merupakan subsistem yang sangat penting dibutuhkan dalam sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh kemajuan hasil pendidikan.Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menghasilkan alat evaluasi pembelajaran bebasis komputer dengan judul Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Wondershare Quiz Creator Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 dan memperoleh kelayakan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan 4-P. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, ahli evaluasi, analisis butir soal dan angket respon siswa.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian. Hasil validasi dari para ahli memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80%. Butir soal yang telah dianalisis kemudian diujicobakan kepada siswa dan mendapatkan persentase respon siswa sebesar 85,63% dengan kriteria sangat layak, didukung oleh hasil pengamatan aktivitas siswa selama uji coba mendapatkan persentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil keseluruhan validasi dari para ahli dan uji coba terbatas (pengguna) memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85,43%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak sebagai alat evaluasi untuk kegiatan pembelajaran perpajakan pada materi Pajak Penghasilan Pasal 21.
Kata Kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, Wondershare Quiz Creator, Pajak Penghasilan Pasal 21.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 293