PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JURNAL KHUSUS SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMK KETINTANG SURABAYA

  • VELA CHINKITA PUTRI

Abstract

Penggunaan media pembelajaran akan membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan materi pembelajaran. Pengembangan buku saku ini dilakukan dengan model pengembangan 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subyek uji coba dalam pengembangan media buku saku ini adalah ahli media, ahli materi dan 20 siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Ketintang Surabaya. Hasil validasi dari para ahli mendapatkan kelayakan keterbacaan media sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak, kemudahan penggunaan sebesar 80% dengan kriteria layak, kualitas tampilan sebesar 80% dengan kriteria layak, kualitas isi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dan kualitas instruksional sebesar 75% dengan kriteria layak. Buku saku Booklet of Accounting materi jurnal khusus siklus akuntansi perusahaan dagang diujicobakan kepada siswa dan mendapatkan persentase respon siswa sebesar 85,63% dengan kriteria sangat layak, didukung oleh hasil pengamatan aktivitas siswa mendapatkan persentase sebesar 84,68% dengan kriteria baik sekali. Hasil keseluruhan validasi dari para ahli dan uji coba terbatas (pengguna) memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83,08%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak sebagai media belajar untuk kegiatan pembelajaran akuntansi pada materi jurnal khusus siklus akuntansi perusahaan dagang.

 

Kata kunci: Media, Buku saku, Jurnal Khusus. 

Published
2014-08-22
How to Cite
CHINKITA PUTRI, V. (2014). PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JURNAL KHUSUS SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMK KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9213
Section
Article
Abstract Views: 525
PDF Downloads: 1968