PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK KOMIK DIGITAL PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang ayat jurnal penyesuaian yang layak untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kebomas Gresik; Mengetahui kelayakan produk bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital; dan Mengetahui respon siswa mengenai bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Four D Models (4-D Models) yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian disseminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh skor persentase 76.18% dari ahli bahan ajar, 86.50% dari ahli materi, dan 86% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang ayat jurnal penyesuaian sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Bahan Ajar Akuntansi, Komik Digital, Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Ayat Jurnal Penyesuaian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 209