PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK KOMIK DIGITAL PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Authors

  • JOKO TRIONO

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang ayat jurnal penyesuaian yang layak untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kebomas Gresik; Mengetahui kelayakan produk bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital; dan Mengetahui respon siswa mengenai bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Four D Models (4-D Models) yang terdiri dari  define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian disseminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh skor persentase  76.18% dari ahli bahan ajar, 86.50% dari ahli materi, dan 86% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar akuntansi berbentuk komik digital pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang ayat jurnal penyesuaian sangat layak digunakan.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar Akuntansi, Komik Digital, Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Ayat Jurnal Penyesuaian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-22

How to Cite

TRIONO, J. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK KOMIK DIGITAL PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9214

Issue

Section

Article
Abstract views: 267 , PDF Downloads: 315