Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam PENERAPAN Model Pembelajaran Langsung Dengan Menggunakan Dan Tanpa Menggunakan LKS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya pada model pembelajaran langsung dengan menggunakan LKS dan model pembelajaran langsung tanpa menggunakan LKS pada materi dana kas kecil. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI AK yang terdiri atas XI AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3 dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI AK 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif mengenai hasil belajar siswa. Tes terdiri dari pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji t dengan statistik uji independent samples test, diperoleh hasil t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar (0,04< 0,05) dan (0,02<0,05) serta diketahui thitung sebesar 2,953 dan 3,158 sedangkan batas harga kritiknya dengan df (N1-1)(N2-1)- 68 dan taraf signifikasinya 0,05 adalah 2,000. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa thitung> ttabel (2,952 dan 3,158 > 2,000) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung dengan menggunakan LKS dan tanpa menggunakan LKS pada materi dana kas kecil kelas XI di SMK Negeri 4 Surabaya
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran langsung, LKS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)