Studi  Komparasi  Hasil  Belajar  Antara  Pembelajaran  Ceramah Bervariasi dan Model  Pembelajaran  Langsung Pada  Siswa

  • AYUDYAH PUSPITA SARI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI Akuntasi dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat kelas XI AK SMK Negeri 10 Surabaya. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK, dengan sampel yang dipilih kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung dan kelas XI AK 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran ceramah bervariasi secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran ceramah bervariasi dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian berdasarkan nilai posttest ini diperoleh dari uji-t yaitu thitung sebesar 2.894 dan ttabel sebesar 2.000. Karena  thitung > ttabel maka H0 ditolak dan  Ha diterima. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan nilai posttest dan pretest ini diperoleh dari uji-t yaitu thitung sebesar 2.645 dan  ttabel sebesar 2.000. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima  Hal ini menunjukkan model pembelajaran langsung lebih efektif digunakan pada pembelajaran akuntansi khususnya pada meteri menyusun laporan kartu utang.

 

Kata Kunci : hasil belajar, ceramah bervariasi,  model pembelajaran langsung, pembelajaran menyusun laporan kartu utang

Published
2014-08-22
How to Cite
PUSPITA SARI, A. (2014). Studi  Komparasi  Hasil  Belajar  Antara  Pembelajaran  Ceramah Bervariasi dan Model  Pembelajaran  Langsung Pada  Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9216
Section
Article
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 40