Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Pembelajaran Ceramah Bervariasi dan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI Akuntasi dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat kelas XI AK SMK Negeri 10 Surabaya. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK, dengan sampel yang dipilih kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung dan kelas XI AK 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran ceramah bervariasi secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran ceramah bervariasi dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian berdasarkan nilai posttest ini diperoleh dari uji-t yaitu thitung sebesar 2.894 dan ttabel sebesar 2.000. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan nilai posttest dan pretest ini diperoleh dari uji-t yaitu thitung sebesar 2.645 dan ttabel sebesar 2.000. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima Hal ini menunjukkan model pembelajaran langsung lebih efektif digunakan pada pembelajaran akuntansi khususnya pada meteri menyusun laporan kartu utang.
Kata Kunci : hasil belajar, ceramah bervariasi, model pembelajaran langsung, pembelajaran menyusun laporan kartu utang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 40