Pengembangan Bahan Ajar berupa Cerpen Akuntansi sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran berbasis Scientific Approach pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi di SMK NAHDLATUL ULAMA GRESIK

  • AJENG KUSUMA NINGRAT

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah cerpen yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi persamaan dasar akuntansi kelas X Akuntansi-2 di SMK Nahdlatul Ulama Gresik agar dapat menumbuhkan minat belajar dan membaca siswa secara mandiri dan menyenangkan, serta mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa terhadap cerpen yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, tanpa tahap penyebaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan sajian, kelayakan bahasa, kelayakan saintifik pembelajaran, dan kelayakan kegrafikan masing – masing diperoleh persentase sebesar 81%, 85%, 76%, 79%, dan 65% dengan rata – rata kelayakan sebesar 77%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 99%. Dengan demikian, cerpen akuntansi dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk menumbuhkan minat membaca siswa kelas X Akuntansi-2 di SMK Nahdlatul Ulama pada materi persamaan dasar akuntansi.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar Cerpen, Scientific Approach, Persamaan Dasar Akuntansi

Published
2014-08-22
How to Cite
KUSUMA NINGRAT, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar berupa Cerpen Akuntansi sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran berbasis Scientific Approach pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi di SMK NAHDLATUL ULAMA GRESIK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9218
Section
Article
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 162