Pengembangan Bahan Ajar berupa Cerpen Akuntansi sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran berbasis Scientific Approach pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi di SMK NAHDLATUL ULAMA GRESIK
Abstract
Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah cerpen yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung implementasi pembelajaran berbasis scientific approach pada materi persamaan dasar akuntansi kelas X Akuntansi-2 di SMK Nahdlatul Ulama Gresik agar dapat menumbuhkan minat belajar dan membaca siswa secara mandiri dan menyenangkan, serta mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa terhadap cerpen yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, tanpa tahap penyebaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan sajian, kelayakan bahasa, kelayakan saintifik pembelajaran, dan kelayakan kegrafikan masing – masing diperoleh persentase sebesar 81%, 85%, 76%, 79%, dan 65% dengan rata – rata kelayakan sebesar 77%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 99%. Dengan demikian, cerpen akuntansi dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk menumbuhkan minat membaca siswa kelas X Akuntansi-2 di SMK Nahdlatul Ulama pada materi persamaan dasar akuntansi.
Kata Kunci: Bahan Ajar Cerpen, Scientific Approach, Persamaan Dasar Akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 162