PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF PADA MATERI JURNAL KHUSUS KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran modul interaktif pada materi jurnal khusus kelas X Akuntansi (2) Menguji kelayakan media pembelajaran modul interaktif yang dikembangkan (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran modul interaktif yang dikembangkan. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan ( Develop). Data yang diperoleh adalah data kuantitatif yang berupa validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ujicoba terbatas pada 20 siswa kelas X Akuntansi di SMKN Mojoagung serta data kualitatif yang berupa telaah media oleh ahli media dan ahli materi. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis skor persentase menurut skala Likert sehingga diperoleh hasil 93,31% untuk penilaian ahli media, 83,19% untuk penilaian ahli materi, dan 96,63% untuk uji coba terbatas, sehingga secara keseluruhan diperoleh skor 91,04% dengan kriteria sangat layak.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Modul Interaktif, Jurnal Khusus
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 405