STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kamal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada sebelum menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri. 2) Hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Model Pembelajaran Inkuiri, STAD, Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 66