STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMAL

  • ENDANG SUJIATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil  belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kamal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada sebelum menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri. 2) Hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Kata Kunci :  Pendekatan Kontekstual, Model Pembelajaran Inkuiri, STAD,  Hasil Belajar.

Published
2014-08-25
How to Cite
SUJIATI, E. (2014). STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMAL. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9414
Section
Article
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 66