STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROJECT BASED LEARNING DAN STAD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis desain eksperimen murni dengan model Pretest-Posttest Control Group Design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang digunakan di sekolah yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning pada kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu, rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Terdapat juga perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning dan Student Team Achievement Divisions (STAD) di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu, Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa akuntansi yang menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa akuntansi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD .
Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 50