STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROJECT BASED LEARNING DAN STAD

  • IVANA PANGESTUTI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah  menggunakan model Project Based Learning (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis desain eksperimen murni dengan model Pretest-Posttest Control Group Design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning sedangkan  kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang digunakan di sekolah yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning pada kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu, rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Terdapat juga perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Project Based Learning dan Student Team Achievement Divisions (STAD) di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu, Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa akuntansi yang menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa akuntansi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD .

Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar.

Published
2014-08-25
How to Cite
PANGESTUTI, I. (2014). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROJECT BASED LEARNING DAN STAD. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9415
Section
Article
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 50