PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa kelas XI IPS (2) Menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk siswa kelas XI IPS (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis mutimedia interaktif yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang berisi tentang pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa.Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop).Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dari ahli materi kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh nilai sebesar 84,85%. Dari ahli media kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh nilai sebesar 86,18%. Dari pendapat siswa kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh nilai sebesar 90,83% dengan kriteria sangat layak.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Jurnal penyesuaian perusahaan Jasa.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 3003