ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MPL

  • DINAR CITRA DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (2) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran langsung di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wonoayu.. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posstest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). (2) Hail belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Model Pembelajaran Langsung, Hasil   Belajar.


Published
2014-08-25
How to Cite
CITRA DEWI, D. (2014). ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MPL. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9419
Section
Article
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 29