PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN DI KELAS XI IPS SMAN GEDANGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan media CD interaktif pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMAN Gedangan;(2) untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada materi ayat jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMAN Gedangan;(3)untuk mengetahui respon siswa kelas XI IPS SMAN Gedangan terhadap pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada materi jurnal penyesuaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk yaitu pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMAN Gedangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media pembelajaran CD interaktif menggunakan model pengembangan menurut teori dari Thiagarajan yang terdiri dari tahapan pengembangan yaitu Define, Design, and Develop.;(2) kelayakan dari pengembangan media CD interaktif pada materi jurnal penyesuaian memperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 84,34% dan validasi dari ahli media sebesar 95,40% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran CD interaktif tersebut layak untuk digunakan;(3)hasil respon siswa terhadap media pembelajaran CD interaktif mendapatkan presentase sebesar 85% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran CD interaktif tersebut baik digunakan untuk siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, CD Interaktif, Materi Ayat Jurnal Penyesuaian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 248