STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

  • IKA INDRIANAWATI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Boyolangu dimana kelas X AK1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu. Hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata Kunci : Problem Based Learning,  Hasil Belajar.

Published
2014-08-25
How to Cite
INDRIANAWATI, I. (2014). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9423
Section
Article
Abstract Views: 215
PDF Downloads: 286