PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA
Abstract
Meningkatnya kebutuhan dan keinginan dikalangan konsumen membuat pola berbelanja konsumen semakin berubah menjadi gaya hidup. Para peritel gencar meningkatkan penjualannya dengan cara mengadakan promosi, salah satunya dengan cara memainkan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga dan bonus pack terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal Plaza Surabaya. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 116 konsumen Hypermart Royal Plaza dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linier Berganda. Berdasarkan anlisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa variabel potongan harga (X1) dan bonus pack (X2) berpengaruh positif terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal. Pada variabel potongan harga (X1) hasil koefisien regresi sebesar 0,700 dan pada variabel bonus pack (X2) koefisien regresi yang dihasilkan sebesar 0,334. Sedangkan pada uji F atau uji simultan diperoleh hasil bahwa variabel potongan harga dan bonus pack berpengaruh terhadap impulse buying, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000.
Kata Kunci : Potongan harga, bonus pack, impulse buying
References
Chen. (2012). Manajemen Pemasaran(13 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Clow, K. E., & Baack, D. E. (2012). Integrated Advertising, Promotion and Marketing Communications. Prentice Hall PTR.
Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan Manusia Dalam Pandangan Ekonomi Kapitalis Dan Ekonomi Islam Rahmat. Journal Al-Maslahah, 13(April), 131–150.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/921-2541-1-SM%20(1).pdf
Kabarbisnis.com. (2020). Industri Ritel Diprediksi Tumbuh 10% di 2020 Ini Pemicunya.Retrieved fromhttps://www.kabarbisnis.com/read/2897012/industri-ritel-diprediksi-tumbuh-10-di-2020-ini-pemicunya
Kanjaya, M., dan Susilo, Y.(2010). Retail Rules: Melihat Keunggulan dan Potensi Ritel Makanan di Masa Depan.Esensi.
Kusumandaru, A. V., dan Yahya. (2017). PengaruhPrice Discount, Bonus Pack, Dan Instore Displayterhadap Impulse Buying Matahari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(September), 1-19.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/1070-Article%20Text-3927-1-10-20191227.pdf
Mowen, J. C.,andMinor, M. (2011). Consumer Behaviour(5th ed.). Jakarta: Erlangga.
Pitasari, J. P., & Ariastita, P. G. (2012). Pola Perubahan Berbelanja Masyarakat Akibat Perubahan Pusat Perbelanjaan di Kecamatan Wonokromo. Jurnal Teknik ITS, 1, 43–47.https://media.neliti.com/media/publications/143027-ID-pola-perubahan-berbelanja-masyarakat-aki.pdf
Nasib. (2017). Journal of Business Studies.Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt. Toyota Auto 2000 Cabang Sisingamangraja Medan, 2(December), 30–50.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/JurnalNasibUTA45JakartaDesember2017%20(1).pdf
Said, A. A. (2019). Mengenal Hari Belanja Diskon, Pesta Belanja Jakarta hingga Harbolnas.Retrievedfromhttps://katadata.co.id/hariwidowati/berita/5e9a50d72f707/mengenal-hari-belanja-diskon-pesta-belanja-jakarta-hingga-harbolnas
Syazkia, S. N.,dan Yuliati, A. L.(2018). The Effect Of Bonus Pack And Price Discount On Impulse Global Retail Development Index 2017. 5(2), 2561–2568.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/18.04.1809_jurnal_eproc%20(1).pdf
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moderen di Indonesia. Salemba Empat.
Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang,457–469.https://semnas.unikama.ac.id/feb/unduhan/publikasi/2907993069.pdf
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 732