PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA

  • Roudhotuz Zahroh Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Potongan harga, bonus pack, impulse buying

Abstract

Meningkatnya kebutuhan dan keinginan dikalangan konsumen membuat pola berbelanja konsumen semakin berubah menjadi gaya hidup. Para peritel gencar meningkatkan penjualannya dengan cara mengadakan promosi, salah satunya dengan cara memainkan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga dan bonus pack terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal Plaza Surabaya. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 116 konsumen Hypermart Royal Plaza dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linier Berganda. Berdasarkan anlisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa variabel potongan harga (X1) dan bonus pack (X2) berpengaruh positif terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal. Pada variabel potongan harga (X1) hasil koefisien regresi sebesar 0,700 dan pada variabel bonus pack (X2) koefisien regresi yang dihasilkan sebesar 0,334. Sedangkan pada uji F atau uji simultan diperoleh hasil bahwa variabel potongan harga dan bonus pack berpengaruh terhadap impulse buying, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000.
Kata Kunci : Potongan harga, bonus pack, impulse buying

References

Amanda, T. ., & Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).file:///C:/Users/Notebook/Downloads/12039-15640-1-PB%20(2).pdf

Chen. (2012). Manajemen Pemasaran(13 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Clow, K. E., & Baack, D. E. (2012). Integrated Advertising, Promotion and Marketing Communications. Prentice Hall PTR.

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan Manusia Dalam Pandangan Ekonomi Kapitalis Dan Ekonomi Islam Rahmat. Journal Al-Maslahah, 13(April), 131–150.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/921-2541-1-SM%20(1).pdf

Kabarbisnis.com. (2020). Industri Ritel Diprediksi Tumbuh 10% di 2020 Ini Pemicunya.Retrieved fromhttps://www.kabarbisnis.com/read/2897012/industri-ritel-diprediksi-tumbuh-10-di-2020-ini-pemicunya

Kanjaya, M., dan Susilo, Y.(2010). Retail Rules: Melihat Keunggulan dan Potensi Ritel Makanan di Masa Depan.Esensi.

Kusumandaru, A. V., dan Yahya. (2017). PengaruhPrice Discount, Bonus Pack, Dan Instore Displayterhadap Impulse Buying Matahari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(September), 1-19.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/1070-Article%20Text-3927-1-10-20191227.pdf

Mowen, J. C.,andMinor, M. (2011). Consumer Behaviour(5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Pitasari, J. P., & Ariastita, P. G. (2012). Pola Perubahan Berbelanja Masyarakat Akibat Perubahan Pusat Perbelanjaan di Kecamatan Wonokromo. Jurnal Teknik ITS, 1, 43–47.https://media.neliti.com/media/publications/143027-ID-pola-perubahan-berbelanja-masyarakat-aki.pdf

Nasib. (2017). Journal of Business Studies.Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt. Toyota Auto 2000 Cabang Sisingamangraja Medan, 2(December), 30–50.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/JurnalNasibUTA45JakartaDesember2017%20(1).pdf

Said, A. A. (2019). Mengenal Hari Belanja Diskon, Pesta Belanja Jakarta hingga Harbolnas.Retrievedfromhttps://katadata.co.id/hariwidowati/berita/5e9a50d72f707/mengenal-hari-belanja-diskon-pesta-belanja-jakarta-hingga-harbolnas

Syazkia, S. N.,dan Yuliati, A. L.(2018). The Effect Of Bonus Pack And Price Discount On Impulse Global Retail Development Index 2017. 5(2), 2561–2568.file:///C:/Users/Notebook/Downloads/18.04.1809_jurnal_eproc%20(1).pdf

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moderen di Indonesia. Salemba Empat.

Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang,457–469.https://semnas.unikama.ac.id/feb/unduhan/publikasi/2907993069.pdf
Published
2021-04-12
How to Cite
Zahroh, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1111-1117. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1111-1117
Section
Article
Abstract Views: 323
PDF Downloads: 732