PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh strategi promosi dan kualitas informasi melalui kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surabaya atau infinite dan sampel 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,523<1,972. Kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 3,088>1,971. Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 6,948>1,972. Promosi berpengaruh terhadap kepercayaan dengan koefisien sebesar 4,510>1,972. Kualitas informasi berpengaruh terhadap kepercayaan dengan koefisien sebesar 11,299>1,972. Promosi melalui kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan memperlemah variabel promosi dengan koefisien sebesar 10,098>1,972. Kualitas informasi melalui kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan memperlemah variabel kualitas informasi dengan koefisien sebesar 5,851>1,972. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran terkait perilaku konsumen dalam melakukan pembelian secara online.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Informasi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 260