PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Penulis

  • Nunung Wahyu Sriningsih Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p1027-1033

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh strategi promosi dan kualitas informasi melalui kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surabaya atau infinite dan sampel 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,523<1,972. Kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 3,088>1,971. Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 6,948>1,972. Promosi berpengaruh terhadap kepercayaan dengan koefisien sebesar 4,510>1,972. Kualitas informasi berpengaruh terhadap kepercayaan dengan koefisien sebesar 11,299>1,972. Promosi melalui kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan memperlemah variabel promosi dengan koefisien sebesar 10,098>1,972. Kualitas informasi melalui kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan memperlemah variabel kualitas informasi dengan koefisien sebesar 5,851>1,972. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran terkait perilaku konsumen dalam melakukan pembelian secara online.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Informasi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Sriningsih, N. W. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1027–1033. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p1027-1033

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 435 , PDF Downloads: 406