PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DISKON TEEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ADVANCE DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian produk Advance di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk Advance di Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka digunakan analisis Regresi Linier Berganda. Dengan menggunakan analisis tersebut, diketahui kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari hasil analisis regresi sebesar 0,046. Sedangkan diskon juga berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian dengan hasil 0,107. Berdasarkan analisis data keputusan pembelian diperoleh hasil bahwa keputusan pembelian dan diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Advance di Surabaya dengan anggapan tidak ada yang berubah salah satunya (konstan).
Kata kunci: diskon; kualitas produk; pembelian.
References
Alfa, R., Lisbeth, M., & Emilia, G. (2017). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Kangzen Kenko Indonesia di Manado. Jurnal EMBA, Vol. 5 No.
Arief, M. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Banyumedia Publishing.
Faesol, A. (2013). Efektivitas Diskon dan Hadiah sebagai Sarana Promosi Penjualan untuk Menarik Nita Beli Konsumen pada Bumbu Magic Lezat. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1): 47.
Hair et al. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeeling (PLS-SEM). SAGE Publications.
Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Restoran POR KEE Surabaya. Jurnal Managemen Pemasaran, 1(1):2.
Kalicharan, H. D. (2014). The Effect And Influence Of Country-OfOrigin On Consumers’ Perception Of Product Quality And Purchasing Intentions. Ternational Business & Economics Research Journal,15.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1 Edisi 9. SalembaEmpat.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). ’Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (studi pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38 (2), 188.
Putra, G. P., Arifin, Z., & SUnarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 48 No.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Majemen Sains Indonesia, 3(1).
Satyo, M. F., & Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan terhadap Keputusan Pmbelian Garmen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(8): 18.
Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku konsumen.Edisi 7. Indeks.
Shaharudin, M. R., Mansor, S. W., & Elias, S. J. (2011). Food Quality Attibutes Among Malaysia’s Fast Food Customer. Food Quality Attibutes Among Malaysia’s Fast Food Customer., 2 (1).
Shareef, M. A., & Vinod, K. (2008). Role of Different Electronic-Commerce (EC) Quality Factors on Purchase Decision: A Developing Country Perspective. Journal of Electronic Research, Vol. 9 No., 92–113.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta.
Tamunu, M., & Tumewu, F. (2014). Analyzing the Influence of Price and Product Quality on BuyingDecision Honda Matic Motorcycles in Manado. Jurnal Emba, 2(3).
Copyright (c) 2022 Siti Alfiatus Sholekah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


