ANALISIS MINAT BERBISNIS ONLINE PADA SISWA JURUSAN BISNIS DARING PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMKS) KETINTANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p105-114Keywords:
Creativity, Enterpreneurial Mentality, Interest in Doing Bisnis Online, Online Business SubjectAbstract
Tingginya jumlah penduduk Indonesia belum cukup diiiringi dengan besarnya penyediaan lapangan pekerjaan. Siswa SMK yang dibentuk untuk siap bekerja nyatanya masih menjadi penyumbang tertinggi pengangguran terbuka di Indonesia. Adanya jurusan Bisnis Daring Pemasaran serta percepatan teknologi seharunya menjadi faktor pendorong terciptanya siswa yang memiliki minat berbisnis online. Penelitian memiliki tujuan agar dapat diketahui pengaruh Mata Pelajaran Bisnis Online, Kreativitas dan Mental Berwirausaha terhadap Minat Berbisnis Online pada Siswa SMKS 1 Ketintang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 94 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier bergandadengan bantuan aplikasi SPSS 25,0 for windows. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa secara parsial 1) Mata Pelajaran Bisnis Online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online, 2) Kreativitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online, 3) Mental Berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online. Begitu pula secara simultan (bersama sama) Mata Pelajaran Bisnis Online, Kreativitas dan Mental Bewirausaha berpengaruh positif terhadap Minat Berbisnis Online.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

