ANALISIS MINAT BERBISNIS ONLINE PADA SISWA JURUSAN BISNIS DARING PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMKS) KETINTANG SURABAYA

Penulis

  • Naufal Febi Mahardika Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p105-114

Kata Kunci:

Kreativitas, Mata Pelajaran Bisnis Online, Mental Berwirausaha, Minat Berbisnis Online

Abstrak

Tingginya jumlah penduduk Indonesia belum cukup diiiringi dengan besarnya penyediaan lapangan pekerjaan. Siswa SMK yang dibentuk untuk siap bekerja nyatanya masih menjadi penyumbang tertinggi pengangguran terbuka di Indonesia. Adanya jurusan Bisnis Daring Pemasaran serta percepatan teknologi seharunya menjadi faktor pendorong terciptanya siswa yang memiliki minat berbisnis online. Penelitian memiliki tujuan agar dapat diketahui pengaruh Mata Pelajaran Bisnis Online, Kreativitas dan Mental Berwirausaha terhadap Minat Berbisnis Online pada Siswa SMKS 1 Ketintang. Sampel  dalam penelitian ini sebesar 94 siswa.  Analisis  yang digunakan adalah analisis regresi linier bergandadengan bantuan aplikasi SPSS 25,0 for windows. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa secara parsial 1) Mata Pelajaran Bisnis Online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online, 2) Kreativitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online, 3) Mental Berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berbisnis Online. Begitu pula secara simultan (bersama sama) Mata Pelajaran Bisnis Online, Kreativitas dan Mental Bewirausaha berpengaruh positif terhadap Minat Berbisnis Online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Mahardika, N. F., & Cahya, S. B. (2023). ANALISIS MINAT BERBISNIS ONLINE PADA SISWA JURUSAN BISNIS DARING PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMKS) KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 105–114. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p105-114

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 218 , PDF Downloads: 168