PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK SCARLETT WHITENING

  • Adinda Cantica Virawanti Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Online Customer Review dan Rating secara parsial dan secara simultan terhadap Keputusan dalam melakukan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Explanatory Research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini merupakan konsumen pengguna produk scarlett whitening yang berada di wilayah Surabaya dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dan menggunakan rumus Lemeshow et al., dengan jumlah minimal sampel 100 orang. Data responden diambil melalui google form dan diukur dengan menggunakan skala linkert serta diolah dengan SPSS versi 25  menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara hubungan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian dan pengaruh positif antara Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Online Customer Review dan Rating terhadap keputusan pembelian secara simultan terdapat pengaruh yang positif.

Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian.

Referensi

Cahyaningtyas, R., & Indra Wijaksana, T. 2021. The Influence Of Product Reviews and Marketing Content Tiktok On Scarlett Whitening by Felicya Angelista Purchasing Decisions. www.mediaindonesia.com

Fathia Salsabila, H., & Harti. 2021. Pengaruh iklan media sosial, electronic word of mouth, dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. In AKUNTABEL (Vol. 18, Issue 4).

Nugrahani Ardianti, A. 2019. Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip.

Heni, W., Sari, P., Efendi, A., & Saptiani, F. 2021. Pengaruh Promosi, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee di Indonesia).

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8.

Kadek, L., Martini, B., Sembiring, E., & Paulus, D. F. (2022). Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Toko Modeliafashion pada Marketplace Tokopedia Jakarta. 4(1), 15–24.

Manajemen, J., Istiqomah, M., & Marlena, N. 2020. Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. JURNAL MANAJEMEN, 12(2), 288–298.

Ristanti, A., & Setyo Iriani, S. Nomor 3-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2020. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 8).

Bina, U., Gorontalo, T., Rinaja, A. F., Bagus, I., Udayana, N., & Maharani, B. D. 2022. Pengaruh Online Customer Review, Word Of Mouth, and Price Consciouness terhadap Minat Beli di Shopee.

Hair, J. F., C. Black, W., J. Babin, B., & E. Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Janie. 2021. Statistik deskriptif & regresi linier be rganda dengan spss.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supomo, Indriantoro. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. 1st ed. Yogyakarta: BPFE.

Lackemair Georg, Kailer Daniel & Kanmaz Kenan. 2013. “Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Prespective.” Advances in Economics and Business 1(1) 1-5.

Riyanjaya, Novita Amalia & Andarini Sonja. 2022. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee.” Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam Vol.3 No.05 (2022) .

Rahmawati, Anna Irma. 2021. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif Vol.1 (No.1) 2021,18-23.

Novitasari & Maulana Asep. 2022. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Agustus 2022, 8 (14), 252-256.

Lestari, Mia and Sunarsih, Uun (2020). “PENGARUH RASIO TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2014-2018).” Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta.

Soehandoko, Jessica Gabriela. (2022, 27 April). Profil Bisnis Scarlett Whitening. (Diakses 17 Januari 2022).
Joan Valerie. 2022. Penguasa Brand Produk Kecantikan. Compas.co.id
https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/

Zakawali Gifari. 2022. Tren Belanja Online di Indonesia Sepanjang Tahun 2022.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya. 2022. Tim Proyeksi Penduduk Kota Surabaya 2023-2032.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Ginfa. 2021. Analisis Regresi Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contoh Penerapannya. https://www.jojonomic.com/blog/analisis-regresi/

Lemeshow, S., Jr, D. W. H., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). BESAR SAMPEL DALAM PENELITIAN KESEHATAN (H. Kusnanto (ed.). Gajah Mada University Press

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta,cv.
Diterbitkan
2023-08-31
Bagian
Article
Abstract Views: 511
PDF Downloads: 260