PENGARUH GREEN MARKETING DAN GREEN PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUKIN

  • Faradilla Amaylia Rosyada Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Green Marketing, Green Product, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dari pengaruh green marketing dan green product secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Sukin. Penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh green marketing dan green product secara simultan atau Bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Sukin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu responden yang pernah melakukan pembelian minimal sekali pada produk Sukin. Dalam sampel penelitian ini menggunakan metode Teknik purposive sampling sebesar 120 sampel. Data dikumpulkan melalui google form diukur dengan skala likert menggunakan software SPSS versi IBM 25 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan pada green marketing dan green product terhadap keputusan pembelian produk Sukin.

Referensi

Dahlstrom, R. (2011). Green marketing management (International). Cengage Learning.

Kasali, R. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Manajemen Student Society MSS. FEUI Official Site.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Made, N., Dewi, A. P., & Rahyuda, K. (2018). Pengaruh Alat Pemasaran Hijau Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen. 7(4), 2164–2195. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i04.p16

Makatumpias, D., Moniharapon, S., Tawas, H. N., & Green, P. (2018). The Effect of Green Product and Brand Image on The Purchase Decision of Oriflame Product in Manado. In 4063 Jurnal EMBA (Vol. 6, Issue 4).

Okadiani, N. L. B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2019). Green Product, Social Media Marketing and Its Influence on Purchasing Decisions. International Journal of Applied Business & International Management, 4.

Sheth, J. N., Newman, B. I., & Gross, B. L. (1991). Why we buy what we buy: A theory of consumption values. Journal of Business Research, 22(2), 159–170. https://doi.org/10.1016/0148-2963(91)90050-8

Tahir, A. R. (2021). Impact of Green Marketing on Consumer Purchase Intention.

Widodo, S. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp di Electronic City Cipiang Indah Mall Jakarta Timur. In JURNAL ILMIAH M-PROGRESS (Vol. 10, Issue 1).

Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-service Quality Dan Electronic Word Of Mouth (E-wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2), 181-191.

Kurniawan, A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh ekuitas merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sepeda merek Polygon pada masyarakat kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1512-1522.

Apprilia, R. D., & Dwijayanti, R. (2021). Kecintaan Merek Lokal, Fashion Lifestyle, dan Minat Beli Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Sneakers Ventela. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 14-20.

Pratiwi, B. F. N., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1501-1511.

Defitri, M. (2022). Pentingnya Daur Ulang Plastik Bekas Skincare. https://waste4change.com/blog/pentingnya-daur-ulang-plastik-bekas-skincare./ Diakses tanggal, 7 Februari 2023.

Seperti Apa Tren Kecantikan di Indonesia pada Tahun 2023?. (2023). https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/07/111401620/seperti-apa-tren-kecantikan-di-indonesia-pada-tahun-2023?page=all. Diakses tanggal, 7 Februari 2023.

Ellora, D. (2019). Sukin, Brand Skincare Natural No. 1 Asal Australia Kini Resmi Hadir di Indonesia!. https://journal.sociolla.com/beauty/sukin-resmi-hadir-di-indonesia. Diakses tangga, 7 Februari 2023.
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Article
Abstract Views: 317
PDF Downloads: 935