BAGAIMANA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING?
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p329-336Keywords:
Learning Activities; Learning outcomes; Problem Based Learning (PBL)Abstract
Pencapaian pendidikan dapat diraih dengan memaksimalkan efektivitas kegiatan belajar melalui penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan tepat, tetapi kenyataannya kegiatan pembelajaran cenderung masih didominasi guru, sehingga menyebabkan kurangnya keterlibatan aktivitas siswa dan hasil belajar yang kurang maksimal namun hal ini bisa diatasi dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Customer Relationship Management (CRM), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Bisnis Digital di SMK N 4 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di SMK N 4 Surabaya dalam dua siklus, dengan 34 siswa kelas XI BD 2 sebagai subjeknya, siklus-siklus tersebut terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan. Tes dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL. Persentase aktivitas belajar siswa 60,9% pada siklus I dan 80,3% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa 65,7% pada siklus I dan 88,6% pada siklus II.
Downloads
References
Ahdar Djamaluddin, W. (2019). Seeing and learning. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188).
Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Diastuti, I. M., Pd, M., & Hots, B. (n.d.). METODE PBL MELALUI MEDIA MARQUEE.
Herminarto Soyfan, W. K. K. E. T. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulim 2013. In Экономика Региона (Edisi Pertama). UNY Press.
Ilhaq, & Iltizam, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMKN 9 Semarang. In UPEJ Unnes Physics Education Journal (Vol. 7, Issue 3).
Ningrum, S., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 7(2), 8460–8464. https://permatamandalika.com/index.php/MADU/article/view/14%0Ahttps://permatamandalika.com/index.php/MADU/article/download/14/9
Prafitri, B., & Hidayah, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMA N 1 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan …, 2(1), 39–46. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/26%0Ahttps://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/download/26/45
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saragih, R., & Sitompul, D. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 11. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.6533
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto, S. S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisa Ariyanti, Novi Marlena, Suprapti Suprapti, Enis Dyah Fatkhur Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

