BAGAIMANA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING?

Authors

  • Elisa Ariyanti Pendidikan Profesi Guru, Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi, Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena
  • Suprapti Suprapti
  • Enis Dyah Fatkhur Rahmah

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p329-336

Keywords:

Learning Activities; Learning outcomes; Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Pencapaian pendidikan dapat diraih dengan memaksimalkan efektivitas kegiatan belajar melalui penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan tepat, tetapi kenyataannya kegiatan pembelajaran cenderung masih didominasi guru, sehingga menyebabkan kurangnya keterlibatan aktivitas siswa dan hasil belajar yang kurang maksimal namun hal ini bisa diatasi dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Customer Relationship Management (CRM), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Bisnis Digital di SMK N 4 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di SMK N 4 Surabaya dalam dua siklus, dengan 34 siswa kelas XI BD 2 sebagai subjeknya, siklus-siklus tersebut terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan. Tes dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL. Persentase aktivitas belajar siswa   60,9% pada siklus I dan 80,3% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa 65,7% pada siklus I dan 88,6% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdar Djamaluddin, W. (2019). Seeing and learning. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188).

Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Diastuti, I. M., Pd, M., & Hots, B. (n.d.). METODE PBL MELALUI MEDIA MARQUEE.

Herminarto Soyfan, W. K. K. E. T. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulim 2013. In Экономика Региона (Edisi Pertama). UNY Press.

Ilhaq, & Iltizam, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMKN 9 Semarang. In UPEJ Unnes Physics Education Journal (Vol. 7, Issue 3).

Ningrum, S., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 7(2), 8460–8464. https://permatamandalika.com/index.php/MADU/article/view/14%0Ahttps://permatamandalika.com/index.php/MADU/article/download/14/9

Prafitri, B., & Hidayah, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMA N 1 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan …, 2(1), 39–46. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/26%0Ahttps://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/download/26/45

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saragih, R., & Sitompul, D. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 11. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.6533

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, S. S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Ariyanti, E., Marlena, N., Suprapti, S., & Rahmah, E. D. F. (2024). BAGAIMANA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING?. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 329–336. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p329-336

Issue

Section

Article
Abstract views: 82 , PDF Downloads: 52