PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p283-291Keywords:
Keywords: Content Quality, Number of Followers, Store Ratings, Purchase Decisions.Abstract
Abstrak
E-commerce adalah penjualan yang dilakukan melalui media elektronik (Ramadhani et al., 2021). E-commerce yang sering digunakan masyarakat adalah shopee, tokopedia dan lazada. Shopee adalah platform belanja online terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan. Tokopedia merupakan contoh nyata perusahaan digital besar yang berkembang di Indonesia dalam bidang e-commerce (marketplace). Lazada merupakan salah satu e-commerce terkenal di Asia Tenggara yang berasal dari Singapura oleh perusahaan Rocket Internet pada tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce, mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce, dan mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce. jumlah pengikut terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce, mengetahui pengaruh rating toko terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal dengan metode kuantitatif dan mempunyai sampel sebanyak 120 responden dengan populasi konsumen asal Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Content Alias ????(X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H1 diterima. Variabel jumlah pengikut (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H2 diterima. Variabel rating toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H3 diterima. Serta variabel kualitas konten (X1), variabel jumlah follower (X2), dan variabel rating toko (X3) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce.
Kata Kunci : Kualitas Konten, Jumlah Followers, Rating Toko, Keputusan Pembelian.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

