PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE

Authors

  • Ayu Ervanda Kumala Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p283-291

Keywords:

Keywords: Content Quality, Number of Followers, Store Ratings, Purchase Decisions.

Abstract

Abstrak

E-commerce adalah penjualan yang dilakukan melalui media elektronik (Ramadhani et al., 2021). E-commerce yang sering digunakan masyarakat adalah shopee, tokopedia dan lazada. Shopee adalah platform belanja online terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan. Tokopedia merupakan contoh nyata perusahaan digital besar yang berkembang di Indonesia dalam bidang e-commerce (marketplace). Lazada merupakan salah satu e-commerce terkenal di Asia Tenggara yang berasal dari Singapura oleh perusahaan Rocket Internet pada tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce, mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce, dan mengetahui pengaruh kualitas konten terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce. jumlah pengikut terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce, mengetahui pengaruh rating toko terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal dengan metode kuantitatif dan mempunyai sampel sebanyak 120 responden dengan populasi konsumen asal Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Content Alias ????(X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H1 diterima. Variabel jumlah pengikut (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H2 diterima. Variabel rating toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H3 diterima. Serta variabel kualitas konten (X1), variabel jumlah follower (X2), dan variabel rating toko (X3) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce.

Kata Kunci : Kualitas Konten, Jumlah Followers, Rating Toko, Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Sari, A. E. K., & Patrikha, F. D. (2024). PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 283–291. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p283-291

Issue

Section

Article
Abstract views: 578 , PDF Downloads: 480