PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MODUL ALFAMART TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MEDIASI VARIABEL KOMPETENSI SISWA SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

Penulis

  • Marita Afiyah Khusumawati Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p932-938

Abstrak

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Buduran bekerja sama dengan Alfamart menerapkan pembelajaran  project based learning berbasis modul Alfamart bertujuan melihat ketercapaian hasil belajar dan kompetensi siswa. Penelitian menggunakan populasi sebanyak 33 siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran, teknik sampel dengan sampel jenuh sebanyak 33 siswa kelas XII dari Alfamart class. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Data penelitian diolah dengan SPSS 25 dan analisis jalur (path analysis). Hasil Penelitian : 1) Model pembelajaran project based learning berbasis modul alfamart berpengaruh terhadap kompetensi siswa dengan nilai 1,128, 2) kompetensi siswa berpengaruh pada hasil belajar dengan nilai 5,263, 3) Model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai 2,968, dan 4) kompetensi siswa tidak dapat memediasi pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis modul Alfamart terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sobel test  0,281 > 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-04

Cara Mengutip

Khusumawati, M. A., & Saino, S. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MODUL ALFAMART TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MEDIASI VARIABEL KOMPETENSI SISWA SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 932–938. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p932-938

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 137 , PDF Downloads: 199