PENGARUH VARIAN PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN KEBUTUHAN POKOK DI RETAIL BISNIS RIN MART SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1725-1731Kata Kunci:
varian produk; kebijakan harga; keputusan pembelian.Abstrak
Penelitian berikut bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh varian produk dan kebijakan harga terhadap keputusan pembelian bahan kebutuhan pokok di retail bisnis Rin Mart Sidoarjo. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket yang diberikan kepada konsumen yang telah membeli bahan kebutuhan pokok di retail bisnis Rin Mart Sidoarjo. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda. Dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil variabel varian produk (X1) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel kebijakan harga (X2) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Varian produk (X1) dan kebijakan harga (X2) berpengaruh secara simultan terhadaop keputusan pembelian (Y) bahan kebutuhan pokok di retail bisnis Rin Mart Sidoarjo.
Kata kunci: varian produk; kebijakan harga; keputusan pembelian.
Unduhan
Referensi
Cahyani, Wiwik & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id (Studi pada penggunda Aplikasi Tix Id di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 9. No. 1.
(https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40492/35090)
Cravens David W. (2016). Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.
Damiati, dkk. (2017). Perilaku konsumen. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Ebang, Flavia Rosemery Stelanys Oba & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Marketing Mix dan Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Masker pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 9. No. 3.(https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40192/34900)
Farli Liwe. (2015). Perilaku KonsumenEdisi Enam. Jakarta: Binarupa Aksara.
Gilbert. (2013). Dasar Dasar Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ilaisyah, Hamidah Lailanur & Raya Sulistyowati. (2020). Pengaruh Brand ambassador dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol 8. No. 3. (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/39989/34766)
Irawan & Farid Wijaya. (2016). Pemasaran Prinsip dan Kasus. Yogyakarta: BPFE.
Kotler & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks
Laksana, Fajar. (2018). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Marknesis. (2014). Pemasaran Srategi, Taktik & Kasus. Yogyakarta: Jelajah Nusa.
Peter, J. P. & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Pratiwi, Widya Ayu & Raya Sulistyowati. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Social Media Marketing terhadap Sales performance pada IKM Batik Gedog Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 08. N0. 01.(https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32047/29067)
Riskyadafi, Yafi Faishal & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya pada Loket.com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 9. No. 2.(https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40543/35128)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andy.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran jasa-Pinsip, penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andy
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

