PENGARUH BRAND AMBASSADOR KOREA LEE MINHO, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN AZARINE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p174-186Kata Kunci:
Brand Ambassador; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Sunscreen AzarineAbstrak
Di era globalisasi , segala informasi mudah didapatkan oleh masyarakat di seluruh dunia yang dapat menyebabkan terjadinya pertukaran budaya secara global. Pertukaran budaya yang terjadi pada masyarakat Indonesia salah satunya adalah masuknya budaya Korea Selatan. Korea selatan terkenal akan standar kecantikannya yang memberikan pengaruh pada tingginya minat merawat kulit wajah di Indonesia yang ditandai meningkatnya pendapatan produk kecantikan di Indonesia. Masuknya budaya Korea selatan dimanfaatkan perusahaan sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan brand ambassador artis korea untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu perusahaan bersaing dalam meningkatkan kualitas produk dan menetukan strategi harga untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh brand ambassador Korea Lee Minho, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sunscreen Azarine. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekomika dan Bisnis Unesa yang pernah membeli produk sunscreen Azarine dengan pengambilan sampel sebanyak 98 mahasiswa menggunakan metode Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Serta brand ambassador Korea Lee Minho, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sunscreen Azarine.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 1909
,
PDF Downloads: 2327
