PENGARUH BRAND AMBASSADOR KOREA LEE MINHO, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN AZARINE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA)

Penulis

  • Anisa Tri Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p174-186

Kata Kunci:

Brand Ambassador; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Sunscreen Azarine

Abstrak

Di era globalisasi , segala informasi mudah didapatkan oleh masyarakat di seluruh dunia yang dapat menyebabkan terjadinya pertukaran budaya secara global. Pertukaran budaya yang terjadi pada masyarakat  Indonesia salah  satunya adalah masuknya budaya Korea Selatan. Korea selatan terkenal akan standar kecantikannya yang memberikan pengaruh pada tingginya minat merawat kulit wajah di Indonesia yang ditandai meningkatnya pendapatan produk kecantikan di Indonesia. Masuknya budaya Korea selatan dimanfaatkan perusahaan sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan brand ambassador artis korea untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu perusahaan bersaing dalam meningkatkan kualitas produk dan menetukan strategi harga untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh brand ambassador Korea Lee Minho, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sunscreen Azarine. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekomika dan Bisnis Unesa yang pernah membeli produk sunscreen Azarine  dengan pengambilan sampel sebanyak 98 mahasiswa menggunakan metode Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Serta  brand ambassador Korea Lee Minho, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sunscreen Azarine.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR KOREA LEE MINHO, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN AZARINE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 174–186. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p174-186

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 1909 , PDF Downloads: 2327