PENGARUH LIVE STREAMING TIKTOK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PRODUK JIMS HONEY DI SURABAYA DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p125-133Kata Kunci:
Kata Kunci : Pengaruh Live Streaming TikTok, Kepercayaan Konsumen, Keputusan pembelian.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming TikTok terhadap kepercayaan konsumen, , untuk menganalisis kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian, dan untuk untuk menganalisis pengaruh Live Streaming TikTo terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan konsumen Jims Honey di Surabaya. Berbagai studi yang telah dilakukan bahwa sosial media menjadi tempat pemasaran yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Persaingan bisnis pada era saat ini sangatlah ketat, para pelaku usaha mulai terus mengikuti perkembangan jaman dan tren dalam media sosial. Live Streaming menjadi salah satu model pemasaran yang baik untuk menjual produk sekaligus berinteraksi dengan pembeli, dengan fitur ini konsumen langsung secara real time. Penelitian ini dilakukan kepada 102 responden yang pernah mengikuti dan melakukan keputusan pembelian melalui Live Streaming TikTok. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan explanatory research, dengan metode kuantitatif. Selanjutnya data dianalisis dengan Teknik Path Analysis atau anlisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dari keempat hipotesis yang ditemukan bahwa Live Streaming memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan memiliki dampak yang positif terhadap keputusan pembelian. Adapun untuk besaran pengaruh langsung antara Live Streaming terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 33,7%, sedangkan pengaruh tidak langsung anatara Live Streaming TikTok terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya pengaruh yaitu 0,091 artinya pengaruh langsung lebih besar dibandingkan kontribusi pengaruh tidak langsung.
Kata Kunci : Pengaruh Live Streaming TikTok, Kepercayaan Konsumen, Keputusan pembelian.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

