PENGARUH LIVE STREAMING TIKTOK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PRODUK JIMS HONEY DI SURABAYA DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN

Penulis

  • Avelia Farera Gabrile Diarya Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Surabaya State Univesity

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p125-133

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pengaruh Live Streaming TikTok, Kepercayaan Konsumen, Keputusan pembelian.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming TikTok terhadap kepercayaan konsumen, , untuk menganalisis kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian, dan untuk untuk menganalisis pengaruh Live Streaming TikTo terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan konsumen Jims Honey di Surabaya. Berbagai studi yang telah dilakukan  bahwa sosial media menjadi tempat pemasaran yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Persaingan bisnis pada era saat ini sangatlah ketat, para pelaku usaha mulai terus mengikuti perkembangan jaman dan tren dalam media sosial. Live Streaming menjadi salah satu model pemasaran yang baik untuk menjual produk sekaligus berinteraksi dengan pembeli, dengan fitur ini konsumen langsung secara real time. Penelitian ini dilakukan kepada 102 responden yang pernah mengikuti dan melakukan keputusan pembelian melalui Live Streaming  TikTok. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan explanatory research, dengan metode kuantitatif. Selanjutnya data dianalisis dengan Teknik Path Analysis atau anlisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dari keempat hipotesis yang ditemukan bahwa Live Streaming memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan memiliki dampak yang positif terhadap keputusan pembelian. Adapun untuk besaran pengaruh langsung antara Live Streaming terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 33,7%, sedangkan pengaruh tidak langsung anatara Live Streaming TikTok terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya pengaruh yaitu 0,091 artinya pengaruh langsung lebih besar dibandingkan kontribusi pengaruh tidak langsung.

Kata Kunci : Pengaruh Live Streaming TikTok, Kepercayaan Konsumen, Keputusan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Diarya, A. F. G., & Rafida, V. (2023). PENGARUH LIVE STREAMING TIKTOK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PRODUK JIMS HONEY DI SURABAYA DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 125–133. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p125-133

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 2160 , PDF Downloads: 2315