PENGARUH TIME LIMIT MARKETING DAN VIRAL MARKETING STRATEGY TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI SOCIAL COMMERCE

Penulis

  • Riski Andra Widiyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p152-164

Kata Kunci:

Time Limit Marketing; Viral Marketing; Impulsive Buying; Social Commerce.

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh time limit marketing dan viral marketing strategy
terhadap impulsive buying pada pengguna aplikasi social commerce. penelitian ini menggunkan metode penelitian
eksplanatori dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan masyarakat seluruh kota
Surabaya yang tidak diketahui jumlah pastinya. Sampel penelitian ini menggunakan perhitungan rumus lemeshow
yang menghasilkan sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian
ini menggunakan angket/kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunkan analisis regresi liner
berganda dengan bantuan aplikasi software Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 22. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Time Limit Marketing berpengaruh secara positif terhadap Impulsive Buying
pada pengguna aplikasi Social Commerce, (2) Viral Marketing berpengaruh secara positif terhadap Impulsive
Buying pada Pengguna aplikasi Social Commerce, (3) Time Limit Marketing dan Viral Marketing berpengaruh
positif terhadap Impulsive Buying pada pengguna aplikasi Social Commerce.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Widiyawati, R. A., & Patrikha, F. D. (2023). PENGARUH TIME LIMIT MARKETING DAN VIRAL MARKETING STRATEGY TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI SOCIAL COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 152–164. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p152-164

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 234 , PDF Downloads: 861