PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA ELEMEN 6 MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMK NEGERI MOJOAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p141-152Kata Kunci:
Asesmen; Dasar-dasar pemasaran; Kurikulum merdeka; QuizizzAbstrak
Pergantian kurikulum pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK) membutuhkan adaptasi dalam penerapannya pada proses pembelajaran, seperti dalam kegiatan asesmen pembelajaran. Pada kelas X Bisnis Digital SMK Negeri Mojoagung guru belum menyesuaikan kegiatan asesmen pembelajaran berbasis kurikulum yang digunakan dan belum disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian pengembangan asesmen berbasis kurikulum merdeka elemen 6 mata pelajaran dasar-dasar pemasaran berbantuan quizizz di SMK Negeri Mojoagung bertujuan mengetahui pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik terhadap asesmen berbasis kurikulum merdeka berbantuan quizizz. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba pada peserta didik kelas X Bisnis Digital 3 SMK Negeri Mojoagung. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar telaah dan validasi ahli dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data dengan menganalisis lembar wawancara dan telaah ahli secara deskriptif kualitatif, sedangkan lembar validasi ahli dan respon peserta didik di analisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan asesmen oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, ahli asesmen sebesar 96,36% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik terhadap asesmen asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak dengan nilai sebesar 89,72%. Dengan demikian asesmen yang dikembangkan layak digunakan dan mendapatkan respon positif dari peserta didik.
Kata Kunci : Asesmen; Dasar-dasar pemasaran; Kurikulum merdeka; Quizizz
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

