PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA ELEMEN 6 MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

Penulis

  • Arip Mulyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p141-152

Kata Kunci:

Asesmen; Dasar-dasar pemasaran; Kurikulum merdeka; Quizizz

Abstrak

Pergantian kurikulum pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK) membutuhkan adaptasi dalam penerapannya pada proses pembelajaran, seperti dalam kegiatan asesmen pembelajaran. Pada kelas X Bisnis Digital SMK Negeri Mojoagung guru belum menyesuaikan kegiatan asesmen pembelajaran berbasis kurikulum yang digunakan dan belum disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian pengembangan asesmen berbasis kurikulum merdeka elemen 6 mata pelajaran dasar-dasar pemasaran berbantuan quizizz di SMK Negeri Mojoagung bertujuan mengetahui pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik terhadap asesmen berbasis kurikulum merdeka berbantuan quizizz. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba pada peserta didik kelas X Bisnis Digital 3 SMK Negeri Mojoagung. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar telaah dan validasi ahli dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data dengan menganalisis lembar wawancara dan telaah ahli secara deskriptif kualitatif, sedangkan lembar validasi ahli dan respon peserta didik di analisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan asesmen oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, ahli asesmen sebesar 96,36% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik terhadap asesmen asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak dengan nilai sebesar 89,72%. Dengan demikian asesmen yang dikembangkan layak digunakan dan mendapatkan respon positif dari peserta didik.

Kata Kunci : Asesmen; Dasar-dasar pemasaran; Kurikulum merdeka; Quizizz

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Mulyawan, A., & Dwijayanti, R. (2024). PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA ELEMEN 6 MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMK NEGERI MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 141–152. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p141-152

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 167 , PDF Downloads: 295