PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER

Penulis

  • Siti Marisa Bila Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p215-222

Kata Kunci:

gaya hidup hedonisme, perilaku konsumtif, keputusan pembelian

Abstrak

Salah satu inovasi fintech yang saat ini sedang populer dan menjadi pilihan masyarakat yaitu shopee paylater. Adanya shopee paylater menyebabkan meningkatnya gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtif yang bisa memengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk. Tujuan penelitian, yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater (2) untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater (3) untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonisme dan perilaku komsutif terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui google form untuk memperoleh data primer yang dibutuhkan. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan dihitung dengan IBM SPSS 27. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater (2) terdapat pengaruh positif perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater (3) terdapat pengaruh positif antara gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtid terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater.

Kata Kunci: gaya hidup hedonisme, perilaku konsumtif, keputusan pembelian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Bila, S. M., & Marlena, N. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 215–222. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p215-222

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 618 , PDF Downloads: 1047