Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

  • Fathur Rahman Khoirurroziqin Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Indeks Prestasi, Status sosial ekonomo

Abstract

Tujuan dari Riset ini untuk mengetahui bagaimana sosial ekonomi orang tua Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dan apakah ada pengaruh sosial ekonomi orang tua pada indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di departemen pendidikan ekonomi tepatnya untuk siswa dari S1 kelas 1 dan kelas B. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret hingga April 2020. Dengan menerapkan acak sederhana pada teknik probability sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan daftar pertanyaan sebagai media penelitian untuk menjelaskan status sosial ekonomi keluarga dan untuk mendapatkan indeks prestasi siswa dengan mendokumentasikan. Dengan total 82 siswa diambil sampel dari 68 siswa yang terlibat. Menerapkan metode regresi Linear sederhana yang diterapkan dalam pemrosesan data. Hal ini dibuktikan dengan uji-t <t tabel maka untuk variabel X (status sosial ekonomi orang tua) <t tabel. Dan uji F dihitung <nilai F tabel. Data menunjukkan Rsquare 2,2%, ini berarti pengaruh kondisi status sosial ekonomi terhadap indeks prestasi siswa sangat rendah dan 97,8% yang mempengaruhi indeks prestasi siswa dapat dijelaskan dengan variabel di luar penelitian ini. dapat disimpulkan bahwa temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua tidak mempengaruhi indeks prestasi belajar siswa

References

Akthar, Z., & Hamid Khan Niazi, (2011). THE RELATIONSHIP BETWEEN SOCIO-ECONOMIC STATUS AND LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS A SECONDARY LEVEL. International Journal of Academic Research, 3 (2), 956-962
Chotimah, N.L., Hesty M.A., & Joko Widodo, (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 75-80
Djaali, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Gerungan, (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Munib, Ahmad. (2012). Pengantar Ilmu Pendidiksn. Semarang: UPT UNNES Press
Narwoko, (2011). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Surabaya: Kencana
Peterson, (2000). Cross-Cultural Studies on Moral Development Using The Defining. Journal of International Personality and Organization. Juni 2000, 24-138
Rahmayanti, V. (2016). PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI ATAS UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP DI DEPOK. Jurnal SAP, 1(2), 206-216
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suminah, (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN segugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Taneko, Soleman B. (2000). Struktur dan Proses Sosial Suatu Pengantar Sosiologi Pembagunan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wirawan, Yahya Reka. (2017). Pengaruh Status Sosial ekonomi Orang tua terhadap Prestasi belajar Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajaranya, 3(1),549-617.
Published
2020-09-03
How to Cite
Khoirurroziqin, F., & Rafsanjani, M. A. (2020). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 80-85. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p80-85
Section
Articles
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 346