Pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) dan Penggunaan Media LKS Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban

  • Raga Alip Mujiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Belajar Dari Rumah, Media LKS Berbasis Online, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh belajar dari rumah terhadap hasil belajar ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban; 2) pengaruh penggunaan media LKS berbasis online terhadap hasil belajar ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban terdiri dari lima kelas berjumlah 151 orang. Penelitian ini menggunakan sampel. Teknik untuk menentukan sampel dengan random sampling menggunakan formula Slovin yang hasilnya diperoleh sebanyak 60 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan nilai hasil belajar ekonomi. Sedangkan untuk mengolah data digunakan statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan belajar dari rumah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban dengan sumbangan efektif sebesar 33,95%; 2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media LKS berbasis online terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban dengan sumbangan efektif sebesar 56,86%.

References

A.N, Sobron, Bayu, Rani, dan M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1–5.
Adi, T. W. (2016). Penggunaan LKS Sebagai Tindakan Rasionalitas Guru Dalam Proses Pembelajaran (Kajian Fenomenologi di SMA N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran (LKS). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fajar, T. (2020). Arti Belajar di Rumah di Tengah Wabah Virus Corona. Artikel Pendidikan, 2188872. https://news.okezone.com/read/2020/03/25/65/2188872/arti-belajar-di-rumah-di-tengah-wabah-virus-corona
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(1), 496–503.
Hasanah, A., Sri, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 9.
Ika Hidayati, P. (2016). Optimalisasi Pengembangan Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6, 890–897.
Kemdikbud. (2020a). Kemendikbud Sebut PJJ Tak Sama dengan Pembelajaran Daring dan Luring. Artikel Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud, 2 hal. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/17/06/2020/kemendikbud-sebut-pjj-tak-sama-dengan-pembelajaran-daring-dan-luring/
Kemdikbud. (2020b). Kuesioner Siswa Belajar dari Rumah. Journal Pendidikan, Jakarta: Kemdikbud. 11 hal.
Kemdikbud, S. (2020c). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19. Jakarta: Kemdikbud. 21 hal.
Kusindriani, N. (2020). Segudang Manfaat Anak Belajar di Rumah yang Perlu Diketahui. https://www.cekaja.com/info/segudang-manfaat-anak-belajar-di-rumah-yang-perlu-diketahui
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid--19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Riyana, C. (2019). Konsep Pembelajaran Online. In Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online (Modul) (1 Cetakan). Banten: Universitas Terbuka.
Salirawati, D. (2004). Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran. Artikel Pendidikan, 1–13.
Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Surakarta: Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1, 117.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Waryanto, N. H. (2006). Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf. Pithagoras Jurnal Matematika
Published
2020-12-22
How to Cite
Mujiansyah, R., & Rafsanjani, M. (2020). Pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) dan Penggunaan Media LKS Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 20-30. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p20-30
Section
Articles
Abstract Views: 1050
PDF Downloads: 865