Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Minat Berorganisasi Terhadap IPk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi

  • Yolanda Anjar Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendapatan Orang Tua, minat berorganisasi, indeks prestasi kumulatif (IPK)

Abstract

Nilai IPK merupakan salah satu indikator ketercapaian suatu kegiatan pembelajaran pada jenjang perguruan tinggi, dan seperti yang kita ketahui bahwa nilai IPK seringkali menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh suatu perusahaan dalam melakukan penerimaan calon pegawainya. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai IPK mahasiswa, baik faktor dari dalam diri mahasiswa sendiri maupun dari luar diri mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua dan minat berorganisasi terhadap IPK mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 177 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, serta uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan melalui uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi (R2). Untuk hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pendapatan orang tua dan minat berorganisasi terhadap IPK mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi baik secara parsial maupun simultan

References

A.S. Masten, K. Liebkind, D. J. H. (2012). Resources, strengths, and challenges for children in immigrant families in eight affluent countries. Realizing the Potential of Immigrant Youth, 55, 63–89.
Aningsih, A. V., & Soejoto, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 11. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p11-18
Anjani, N. S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar, Masa Studi, Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Masa Tunggu Dan Relevansi Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 554–565.
Ardi, M., & Aryani, L. (2010). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi dengan Minat Berorganisasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA. 153–163.
Azwar, S. (2002). Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
BPS. (2018). Statistik Pendapatan. In Statistik Pendapatan Februari 2018. Jakarta: BPS RI/BadanPusat Statistik Republik Indonesia.
Cheung, S. K. K. M. D. C. M. (2020). Parents’ characteristics, the home environment, and children’s numeracy skills: How are they related in low- to middle-income families in the Philippines? Journal of Experimental Child Psychology, 192. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104780
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Davis-Kean, P. E. (2005). The influence of parent education and family income on child achievement: The indirect role of parental expectations and the home environment. Journal of Family Psychology, 19(2), 294–304. https://doi.org/10.1037/0893-3200.19.2.294
Devin, H. F., Zohoorian, Z., Peymanizad, H., & Sane, M. A. (2012). Investigating the Relationship between Organizational Citizenship Behavior and Self-esteem among Physical Education Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1203–1207. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.275
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadilla, H. (2017). Pengaruh Penghasilan Orang Tua dan Uang Saku Terhadap Prestasi Mahasiswa (STEBIS IGM). Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 28–53.
Firdausz, R., & Fuad, M. (2012). Motivasi Mahasiswa Bergabung di Organisasi Intra Kampus. Diponegoro Journal Ofmanagement, 2(17), 1–9.
Friyani, V. S. (2018). Hubungan Persepsi Terhadap Organisasi dengan Minat Mahasiswa Kedokteran Untuk Berorganisasi. International Reviews of Immunology, 66(1), 1–15. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452
Gagné, M., Janus, M., Muhajarine, N., Gadermann, A., Duku, E., Milbrath, C., … Guhn, M. (2020). Disentangling the role of income in the academic achievement of migrant children. Social Science Research, 85, 102344. https://doi.org/10.1016/J.SSRESEARCH.2019.102344
Hadiyanto Herman. (2014). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 171–185. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/Index.Php/Jepk/Article/Download/728/576
Kebudayaan, M. P. dan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 1–76.
Kusmayadi, W. S. N. & D. (2008). Hubungan Antara Minat Berorganisasi dengan Asertifitas Pada Mahasiswa. Soul, 1, 73–83.
Made, N., Udayani, K., Agustini, K., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. 6, 267–276.
Mardiah, Z. &, & Purwono, Y. (2013). Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sastra Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(1), 1–9.
Matus, D. A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Bangkalan. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 136–148.
Mete, Y. A. (2013). Relationship between Organizational Cynicism and Ethical Leadership Behaviour: A Study at Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 476–483. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.880
Mualimin, Nor Aini Habibah, L. H. (2013). Korelasi Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap IPK Mahasiswa Bidikmisi Biologi UNNES. 2(1).
Murti, Y. P. E. (2017). BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS SISWA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Nikdel, M. V. H. (2011). Social and Emotional Intelligence, Parental Involvement and Academic Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 331–335.
Olivier-Pijpers, V. C., Cramm, J. M., & Nieboer, A. P. (2020). Residents’ and resident representatives’ perspectives on the influence of the organisational environment on challenging behaviour. Research in Developmental Disabilities, 100, 103629. https://doi.org/10.1016/J.RIDD.2020.103629
Pearce, A., Sawyer, A. C. P., Chittleborough, C. R., Mittinty, M. N., Law, C., & Lynch, J. W. (2016). Do early life cognitive ability and self-regulation skills explain socio-economic inequalities in academic achievement? An effect decomposition analysis in UK and Australian cohorts. Social Science and Medicine, 165, 108–118. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2016.07.016
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. Mendikabud 155/U/1998. , (2013).
Pradayu, M. (2015). Pengaruh Aktivitas Organisasi Terhadap Prestasi Belajar. JOM FISIP, 3(2), 1–15. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/204145-pengaruh-aktivitas-organisasi-terhadap-p.pdf
Putriku, A. E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Penghasilan Orang Tua, dan Minat Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Stambuk 2014 Universitas Hkbp Nommensen. 7(1), 50–58.
Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam OrganisasiTerhadap Prestasi Mahasiswa Di FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jipis, 25(2), 27–38.
Saifullah Saifi, T. M. (2011). Effect of SocioEconomic Status on Students Achievement. Forest Ecology and Management, 1(2), 119–128. https://doi.org/10.1051/forest
Siti Nurlailia, & J. W. (2013). PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP RATA-RATA BANYUWANGI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, VIII(1), 2013–2015.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wursanto. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Published
2020-09-03
How to Cite
Sari, Y. A., & Rafsanjani, M. A. (2020). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Minat Berorganisasi Terhadap IPk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 122-130. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p122-130
Section
Articles
Abstract Views: 892
PDF Downloads: 949