Penerapan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS

Authors

  • Ghaisani Intan Martikasari Fajrin Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p95-100

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Kegiatan pembelajaran ekonomi di kelas X IIS 2 seringkali berpusat pada guru sehingga murid kurang termotivasi dalam mengikuti KBM dan mengakibatkan kurang memuaskannya prestasi belajar murid. Oleh karenanya diprelukan sebuah solusi untuk mengatasi malasah tersebut. Penelitian ini memiliki intensi sebagai berikut: 1) mengetahui perubahan aktvitas murid selama mengikuti proses pembelajaran dan 2) mengetahui perubahan prestasi belajar murid setelah diajari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (PBL). Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai rancangan penelitian. Peserta penelitian melibatkan 35 murid kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Gresik. Data yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe PBL (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar para murid. Hal ini dibuktikan oleh perolehan pengamatan pada periode pertama yang menunjukkan aktivitas belajar murid mencapai skala 2,6 yang tergolong kurang baik, menjadi 3,1 yang tergolong baik pada pengamatan periode kedua. Di samping aktivitas belajar murid, prestasi belajar murid juga terbukti mengalami kenaikan. Pada akhir periode penelitian pertama, prestasi belajar murid mendapatkan hasil dengan persentase 60% dan pada akhir periode penelitian kedua, prestasi belajar murid naik menjadi 88,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-03

How to Cite

Fajrin, G. I. M., & Rafsanjani, M. A. (2020). Penerapan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 95–100. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p95-100

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1281 , PDF Downloads: 670