Penerapan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS
Abstract
Kegiatan pembelajaran ekonomi di kelas X IIS 2 seringkali berpusat pada guru sehingga murid kurang termotivasi dalam mengikuti KBM dan mengakibatkan kurang memuaskannya prestasi belajar murid. Oleh karenanya diprelukan sebuah solusi untuk mengatasi malasah tersebut. Penelitian ini memiliki intensi sebagai berikut: 1) mengetahui perubahan aktvitas murid selama mengikuti proses pembelajaran dan 2) mengetahui perubahan prestasi belajar murid setelah diajari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (PBL). Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai rancangan penelitian. Peserta penelitian melibatkan 35 murid kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Gresik. Data yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe PBL (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar para murid. Hal ini dibuktikan oleh perolehan pengamatan pada periode pertama yang menunjukkan aktivitas belajar murid mencapai skala 2,6 yang tergolong kurang baik, menjadi 3,1 yang tergolong baik pada pengamatan periode kedua. Di samping aktivitas belajar murid, prestasi belajar murid juga terbukti mengalami kenaikan. Pada akhir periode penelitian pertama, prestasi belajar murid mendapatkan hasil dengan persentase 60% dan pada akhir periode penelitian kedua, prestasi belajar murid naik menjadi 88,6%.
References
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Arikunto, S., & et al. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Barrett, T., & Moore, S. (2011). New Approaches to PBL. Routledge.
Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hajar, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi Sma Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).
Indonesia, P. R. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran PBL ( PBL ) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 299–306.
Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799
Pandu, L. B. (2013). PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KOMPUTER (KK6) DI SMK N 2 WONOSARI YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik. Nusa Media.
Sohimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz.
Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media
Tan, O.-S. (2003). PBL Innovation. Using Problem to Power Learning in the 21st Century. Cengage Learning Asia Pte. Ltd.
Trianto. (2009). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.
Copyright (c) 2022 Ghaisani Intan Martikasari Fajrin, Mohamad Arief Rafsanjani (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 588