Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto

  • Linda Riskanata Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: implementasi kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dan faktor apa saja yang menghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, adapun teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Selanjutnya analisa data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Dalam proses pembelalajaran guru masih mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi sesuai kurikulum 2013. Hal tersebut menunjukkan bahwa kurangnya pelatihan guru, sarana prasarana yang kurang memadai dan terbatasnya buku pegangan bagi guru maupun siswa.

References

Qomariyah. (2014). Kesiapan guru dalam menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Suherman, A. (2014). Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1).

Nasrudin dan Maryadi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Edutech. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan di Bandung. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. 1(3).

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Perdana Media.
Published
2020-09-01
How to Cite
Riskanata, L., & Rafsanjani, M. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 131-134. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p131-134
Section
Articles
Abstract Views: 656
PDF Downloads: 579