Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dan faktor apa saja yang menghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, adapun teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Selanjutnya analisa data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Dalam proses pembelalajaran guru masih mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi sesuai kurikulum 2013. Hal tersebut menunjukkan bahwa kurangnya pelatihan guru, sarana prasarana yang kurang memadai dan terbatasnya buku pegangan bagi guru maupun siswa.
References
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
Suherman, A. (2014). Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1).
Nasrudin dan Maryadi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Edutech. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan di Bandung. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. 1(3).
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Perdana Media.
Copyright (c) 2022 Linda Riskanata, Mohamad Arief Rafsanjani (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 579