Pengaruh Sikap Materialisme terhadap Perilaku Menabung Dimediasi Pembelajaran Ekonomi dan Teman Sebaya Pada Mahasiswa FKIP UNS

  • Yuqa Zahra Faza Nur Saffana Universitas Sebelas Maret
  • Sudarno Sudarno Universitas Sebelas Maret
  • Khresna Bayu Sangka Universitas Sebelas Maret
Keywords: materialism attitudes, economic learning, peers, saving behavior

Abstract

Kondisi ketidakpastian akibat COVID-19 menjadi pelajaran berharga yang dapat menyadarkan individu bahwa menabung merupakan solusi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi ekonomi di masa mendatang. Mahasiswa program studi FKIP rumpun ekonomi diharapkan mampu menghindari perilaku keuangan negatif dan membiasakan diri untuk berperilaku keuangan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap materialisme terhadap perilaku menabung dimediasi pembelajaran ekonomi dan teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung, pembelajaran ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung, teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung, pembelajaran ekonomi mampu memediasi pengaruh antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung, dan teman sebaya tidak memediasi pengaruh antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung.

References

Afiati, B., & Kurniawan, Y. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS MAN Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3), 1-17.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh melek finansial, Sosialisasi orang tua, dan teman sebaya terhadap perilaku menabung mahasiswa bidik misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 97–107.

Angela, G., & Pamungkas, A. S. (2021). The influence of financial literacy, parental socialization, peer influence and self-control on saving behavior. Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 560–566.

Badan Pusat Statistik. (2020a). Ekonomi Indonesia Triwulan I 2020 Tumbuh 2,97 Persen. Diperoleh pada 3 Maret 2023 dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html

Badan Pusat Statistik. (2020b). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Diperoleh pada 3 Maret 2023 dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html

Badan Pusat Statistik. (2020c). Ekonomi Indonesia Triwulan III 2020 Tumbuh 5,05 Persen (q-to-q). Diperoleh pada 3 Maret 2023 dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1738/ekonomi-indonesia-triwulan-iii-2020-tumbuh-5-05-persen--q-to-q-.html

Badan Pusat Statistik. (2021a). Ekonomi Indonesia Triwulan I-2021 Turun 0,74 Persen (y-to-y). Diperoleh pada 3 Maret 2023 dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1812/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2021-turun-0-74-persen--y-on-y-.html

Badan Pusat Statistik. (2021b). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2021 Tumbuh 7,07 Persen (y-on-y). Diperoleh pada 3 Maret 2023 https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/08/05/1813/ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2021-tumbuh-7-07-persen--y-on-y-.html#:~:text=GTPP Covid-19-,Ekonomi Indonesia Triwulan II 2021 Tumbuh 7%2C07,(y-on-y)

Badan Pusat Statistik. (2021c). Ekonomi Indonesia Triwulan III 2021 Tumbuh 3,51 Persen (y-on-y). Diperoleh pada 3 Maret 2023 dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/1814/ekonomi-indonesia-triwulan-iii-2021-tumbuh-3-51-persen--y-on-y-.html

Bank Indonesia. (2021). Survei Konsumen. Diperoleh pada 3 Maret 2023 https://doi.org/https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Documents/Laporan-Survei-Konsumen-Desember-2021.pdf

Dewi, L. G. K., & Yenni Latrini, M. (2020). Pengaruh faktor sosial ekonomi dan materialism pada personal financial behavior melalui financial literacy mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1575–1592. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i06.p18

Gardarsdóttir, R. B., & Dittmar, H. (2012). The relationship of materialism to debt and financial well-being: The case of Iceland’s perceived prosperity. Journal of Economic Psychology, 33(3), 471–481. https://doi.org/10.1016/j.joep.2011.12.008

Goldberd, M.E., Gorn G.J., & Peracchio, L.A., et al. (2003). Understanding materialism among youth. Journal of Consumer Psychology, 13(3), 278-288.

Herawati, N. T., Candiasa, I. M., Yadnyana, I. K., & Suharsono, N. (2018). Pengaruh kualitas pembelajaran keuangan dan literasi keuangan terhadap financial self efficacy mahasiswa akuntansi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 115–128. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p115-128

Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2018). Pengaruh uang saku, locus of control, dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337

Husna, A. N. (2015). Orientasi hidup materialistis dan kesejahteraan psikologis. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 7–14.

Ihsan, M. N., & Sukarno, S. (2021). Relationship between financial literacy, materialism, and impulsive buying on financial behavior and how it influences the financial decision on undergraduate students of bandung institute of technology. PROCEDING BOOK of the 6th ICNEM 2021, 6, 1–11.

Kadir, J. M. A., & Jamaluddin, A. A. Bin. (2020). Saving behavior in emerging country: The role of financial knowledge, parent socialization and peer influence. GADING (Online) Journal for Social Sciences, 23(1), 65–73.

King, R. B., & Datu, J. A. D. (2017). Materialism does not pay: Materialistic students have lower motivation, engagement, and achievement. Contemporary Educational Psychology, 49, 289–301. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.003

Ku, L., Dittmar, H., & Banerjee, R. (2014). To have or to learn? The effects of materialism on British and Chinese children’s learning. Journal of Personality and Social Psychology, 106(5), 803–821. https://doi.org/10.1037/a0036038

Ling, H. (2021). Determinants of saving behaviour among universities students in Guangdong Province. The Frontiers of Society, Science and Technology, 3(5), 51–70. https://doi.org/10.25236/FSST.2021.030510

Mubarak, Z., Wahjoedi, W., & Mardono, M. (2017). Pengaruh tingkat pengetahuan ilmu ekonomi dan pemanfaatan bank mini sekolah terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.17977/um014v10i12017p001

Ningtyas, M. N., & Vania, A. (2022). Materialism, financial literacy, and online impulsive buying: A study on the post millennial generation in a pandemic period. Journal of Theory and Applied Management, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i1.33774

Pangestu, S., & Karnadi, E. B. (2020). The effects of financial literacy and materialism on the savings decision of generation Z Indonesians. Cogent Business and Management, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1743618

Prihartono, M. R. D., & Asandimitra, N. (2018). Analysis factors influencing financial management behaviour. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(8), 308–326. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i8/4471

Rahmadani, D. K., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi, pengetahuan keuangan, kontrol perilaku, pendapatan orang tua, dan pendapatan perseorangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 433–445.

Raszad, S. E. F., & Purwanto, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menabung (Studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Surabaya). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 51–65. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.966

Richins, M. L. (2004). The material values scale: Measurement properties and development of a short form. Journal of Consumer Research, 31(1), 209–219. https://doi.org/10.1086/383436

Richins, M. L., & Dawson, S. (1992). A consumer values orientation for materialism and its measurement: Scale development and validation. Journal of Consumer Research, 19(3), 303–316.

Sangka, K. B., Zoraifi, R., Hamidi, N., & Santosa, S. (2020). A comparative study of higher degree students’ financial literacy critical factors of by using analytic hierarchy process. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(1), 39–44. https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i1.1796

Sari, D. A. (2015). Financial literacy dan perilaku keuangan mahasiswa (Studi kasus mahasiswa STIE ‘YPPI’ Rembang). Buletin Bisnis & Manajemen, 01(02), 171–189.

Sirine & Utami. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku menabung di kalangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 27–52.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhendra, Y. F., & Arifin, A. Z. (2019). Faktor yang memprediksi perilaku menabung pekerja di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(3), 600–608. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i3.5372

Suparti, Juliardi, D., Praherdhiono, H., & Rafsanjani, M. A. (2018). Mitigating Consumptive Behavior By Enhancing Student’s Financial Literacy: Experiments Using Video Learning The First International Research Conference on Economics and Business, Atria Hotel, Malang, Indonesia. https://www.knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/1901/4531

Suryanto. (2017). Pola perilaku keuangan mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, VII(1), 11–20.

Ulfi, D. S., Siswandari, & Octoria, D. (2017). Hubungan literasi keuangan dan perilaku teman sebaya dengan kebiasaan menabung. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3(1), 12–21.

Watson, J. J. (2003). The relationship of materialism to spending tendencies, saving, and debt. Journal of Economic Psychology, 24(6), 723–739. https://doi.org/10.1016/j.joep.2003.06.001

Widayati, I. (2014). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi finansial mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 176–183. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/17526

Yasid, M. (2009). Perilaku menabung ibu rumah tangga keluarga miskin peserta program ikhtiar lembaga keuangan mikro syariah berbasis kelompok di Bogor, Jawa Barat. TAZKIA Islamic Finance & Business Review, 4(1), 90–100.

Zulaika, Mutiara D.S., Listiadi, A. (2020). Literasi keuangan, uang saku, kontrol diri, dan teman sebaya terhadap perilaku menabung mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 137–146. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Published
2023-05-02
How to Cite
Saffana, Y., Sudarno, S., & Sangka, K. (2023). Pengaruh Sikap Materialisme terhadap Perilaku Menabung Dimediasi Pembelajaran Ekonomi dan Teman Sebaya Pada Mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 103-113. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p103-113
Section
Articles
Abstract Views: 239
PDF Downloads: 167