Pengaruh Sikap Materialisme terhadap Perilaku Menabung Dimediasi Pembelajaran Ekonomi dan Teman Sebaya Pada Mahasiswa FKIP UNS

Authors

  • Yuqa Zahra Faza Nur Saffana Universitas Sebelas Maret
  • Sudarno Sudarno Universitas Sebelas Maret
  • Khresna Bayu Sangka Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p103-113

Keywords:

materialism attitudes, economic learning, peers, saving behavior

Abstract

Kondisi ketidakpastian akibat COVID-19 menjadi pelajaran berharga yang dapat menyadarkan individu bahwa menabung merupakan solusi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi ekonomi di masa mendatang. Mahasiswa program studi FKIP rumpun ekonomi diharapkan mampu menghindari perilaku keuangan negatif dan membiasakan diri untuk berperilaku keuangan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap materialisme terhadap perilaku menabung dimediasi pembelajaran ekonomi dan teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung, pembelajaran ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung, teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung, pembelajaran ekonomi mampu memediasi pengaruh antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung, dan teman sebaya tidak memediasi pengaruh antara sikap materialisme terhadap perilaku menabung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Saffana, Y. Z. F. N., Sudarno, S., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh Sikap Materialisme terhadap Perilaku Menabung Dimediasi Pembelajaran Ekonomi dan Teman Sebaya Pada Mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 103–113. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p103-113

Issue

Section

Articles
Abstract views: 397 , PDF Downloads: 327