MODEL PENDAMPINGAN ANAK JALANAN BERBASIS PENGUATAN MINAT BAKAT DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

  • Nabilla Rahma Ekthias Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pendampingan anak jalanan berbasis penguatan minat
bakat di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya dengan menggali faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan model pendampingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian
kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung oleh pedoman observasi partisipan,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi koleksi data, kondensasi data,
display data dan verivikasi data. Keabsahan dan kriteria data yang digunakan yaitu: kepercayaan,
dependabilitas, konfirmabilitas dan transfermabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
pendampingan anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya menggunakan pendekatan
humanistik, di mana pendamping menggunakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman dan
perilaku anak jalanan, melaksanakan pendampingan belajar dengan memasukkan anak jalanan ke
sekolah formal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pendampingan minat bakat anak jalanan
yaitu: a) respon positif dari anak jalanan dan beberapa orang tua, b) kemauan untuk melakukan kegiatan
pendampingan minat bakat, c) adanya antusias yang tinggi dari pihak pendamping untuk melakukan
kegiatan minat bakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) sikap malas dari beberapa anak jalanan
yang mengikuti pendampingan minat bakat, b) kurangnya prasarana atau tempat bagi anak jalanan
untuk memamerkan atau menjual karya lukisan, c) pengaruh lingkungan supaya tidak mengikuti
kegiatan minat bakat, d) dari segi sarana untuk peralatan tinju kurang memadai.

Published
2020-12-29
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 75